Loading...

Fakta-Fakta Tol Layang Jakarta-Cikampek, Terpanjang di Indonesia



Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) akan menjadi tol layang terpanjang di Indonesia. Progres pembangunan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) sudah mencapai 96,5%. Jalan layang sepanjang 36,4 kilometer (Km) ini ditargetkan rampung pada akhir Oktober 2019.

Rencananya jalan tol ini bisa digunakan saat Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Jalan tol layang Jakarta-Cikampek juga merupakan jalur alternatif bagi pengguna jalan tol yang akan menuju ke Cikampek maupun Bandung.

Berikut fakta-fakta Tol layang Jakarta-Cikampek seperti dirangkum Okezone, Jakarta. Minggu (6/10/2019).

1. Japek Elevated Jadi Tol Layang Terpanjang di Indonesia

Progres pekerjaan konstruksi Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) mencapai 96,5% hingga 15 September 2019. Tol ini akan menjadi tol layang terpanjang di Indonesia.

"Jalan tol Jakarta-Cikampek II (Elevated), ini akan menjadi terpanjang layang pertama di Indonesia dengan sepanjang 36,4 kilometer (Km)," ujar Project Manager Waskita Karya Tol Jakarta- Cikampek II Elevated Fatkhur Rozaq di lokasi proyek KM 17 jalan tol Jakarta-Cikampek II (Elevated), Rabu (18/9/2019).

2. Progres Japek Elevated Capai 96%

Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) akan menjadi tol layang terpanjang di Indonesia. Progres pekerjaan konstruksi jalan tol ini sudah mencapai 96,5% hingga 15 September 2019.

"Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated), ini akan menjadi terpanjang layang pertama di Indonesia dengan sepanjang 36,4 kilometer (Km)," ujar Project Manager Waskita Karya Tol Jakarta- Cikampek II Elevated Fatkhur Rozaq di lokasi proyek KM 17 jalan tol Jakarta-Cikampek II (Elevated), Rabu (18/9/2019).

3. Tol Jakarta-Cikampek Diprediksi Bisa Menekan Tingginya Angka Kecelakaan

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan pemerintah tengah mempersiapkan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) guna menekan tingginya angka kecelakaan di Tol Cikampek. Dia pun sudah beberapa kali berkeliling Tol Cikampek, guna mempersiapkan jalanan bebas hambatan yang baru itu.

Budi Karya sebelumnya sudah memastikan mengevaluasi jalan Tol Cikampek lantaran pengendara kerap mengalami kecelakaan. Bahkan, dia menyebut salah satu ruas tol yang rawan di Tol Cikampek berada di KM 90-92 Bandung, Jawa Barat.

Budi Karya menjelaskan, tujuan dibangunnya Tol Japek untuk meningkatkan layanan dan keamanan bagi pengendara. Tol Japek nantinya akan dibuat Tol Layang sepanjang 36,4 KM.

4. Menhub Cek Tol Layang Jakarta-Cikampek

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengunjungi proyek jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated. Tol ini diharapkan akan segera beroperasi pada November 2019.

Menteri Budi mendapatkan penjelasan seputar jalan Tol Jakarta-Cikampek dari salah satu pihak Jasa Marga. Di antaranya soal sistem evakuasi, emergency exit, hingga pintu tol ini sendiri.

5. Ke Bandung Makin Cepat Lewat Tol Layang Jakarta-Cikampek

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan untuk mengetahui kesiapan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek yang akan segera memasuki masa uji beban besok.

Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II ini menilai, jalan tol layang ini mampu memberi kontribusi yang maksimal utamanya memperlancar perlintasan di tol.

"Jalan layang ini memberi manfaat yang maksimal. Saat ini Jakarta-Bandung masih kurang maksimal. Oleh karena itu, saya pertanyakan waktu yang bisa dihemat dengan adanya tol ini. Harapan Saya sih tidak sampai 30 menit," buka Menteri Budi di proyek Jalan Layang Jakarta-Cikampek (Japek), Minggu (22/9/2019).

6. Pengaspalan Masih Jadi PR Tol Layang Jakarta-Cikampek

Jalan layang sepanjang 36,4 kilometer (Km) ini ditargetkan rampung pada akhir Oktober 2019. Meski sudah hampir selesai, masih ada beberapa hal lagi yang harus dikerjakan. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Operasi II Waskita Karya Bambang Rianto.

"Saat ini sedang sesi pengaspalan, dan 2 Minggu kemudian kita kerjain marka. Semoga Oktober nanti total selesai. Akhir November atau Desember sudah bisa dioperasikan untuk liburan natal dan mudik," tutur Bambang di Jalan Layang Jakarta-Cikampek, Minggu (22/9/2019).

7. Uji Beban Tol Layang Japek II Terus Dilakukan hingga Akhir Oktober

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah melakukan uji beban pada proyek jalan tol layang Jakarta-Cikampek (Japek Elevated II). Uji beban meliputi uji statis dan dinamis.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, tahap uji beban pada proyek jalan tol layang Jakarta–Cikampek rampung pada akhir Oktober 2019. Sehingga jalan tol layang terpanjang di Indonesia ini bisa beroperasi pada November 2019 mendatang.

“Uji beban seluruhnya selesai akhir Oktober nanti sebelum operasi. Insya Allah, November ini jalan tol sudah bisa dilalui,” ujarnya saat ditemui di Proyek tol layang Jakarta-Cikampek, Senin Malam.

8. Tol Jakarta-Cikampek Akan Beroperasi Natal 2019 dan Tahun Baru 2020

PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) sebagai salah satu kontraktor proyek Jalan Tol layang Jakarta - Cikampek (Japek) II Elevated memastikan akan mengoptimalkan waktu penyelesaiannya sehingga siap dioperasionalkan saat arus mudik atau balik libur Natal tahun 2019 dan Tahun Baru 2020. [okezone.com]
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel