Loading...

Kesan Menhub dan Menlu di Ujung Kabinet Kerja Jokowi

Kabinet Kerja Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla berakhir sebentar lagi. Mentei Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bercerita soal kesannya selama lima tahun bekerja membantu Jokowi.

Budi Karya memuji Jokowi sebagai sosok yang memiliki gagasan-gagasan luar biasa. Menurutnya, gagasan Jokowi kerap membuat dirinya tertantang.

"Presiden selalu memiliki ide yang luar biasa. Yang beyond (di atas rata-rata). Oleh karenanya kesan yang saya dapat adalah tertantang. Kami harus bekerja dengan tim, tidak mungkin bekerja sendiri-sendiri dengan target yang begitu banyak," kata Budi Karya dalam reuni Temu Kangen Kagama DKI Jakarta di Ancol, Jakarta Utara, Minggu (6/10/2019).

Dia mengatakan Jokowi pun tak segan mengapresiasi para menteri. Budi Karya menyebut Jokowi membangun kultur saling menghargai dan kerja sama.

Terkait pekerjaannya sebagai Menhub, Budi Karya selalu mengingat pesan Jokowi untuk membahagiakan rakyat di masa-masa mudik. Menurutnya, pesan Jokowi itu memiliki makna yang dalam.

"Presiden mengatakan mudik adalah hajat orang banyak, 'berikanlah kebahagiaan kepada mereka'. Statement itu bagi kami maknanya dalam. Dan kami para menteri kompak bersama menteri PU, Kapolri, Menkes menindaklanjuti itu," tuturnya.

Di lokasi yang sama, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi mengatakan Jokowi dan JK selalu memberikan arahan yang jelas jika memberikan tugas. Selain itu, menurut dia, Jokowi dan JK juga terbuka untuk berkomunikasi.

"Kesannya baik, dalam artian Presiden maupun Wakil Presiden selalu memberikan arahan yang jelas, yang tegas, dan akses beliau kepada pembantunya para menteri terbuka selebar-lebarnya," ujar Retno.

Terkait pemerintahan Jokowi di periode kedua, Retno memastikan para menteri akan tetap bekerja di masa transisi. Sementara itu, saat ditanya soal kemungkinan dirinya kembali jadi Menlu, Retno tak mau berandai-andai.

"Kita serahkan semuanya kepada Presiden RI," kata dia. [detik.com]

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel