Loading...

Presiden Jokowi Beberkan Sederet Prestasi Prajurit Dalam Ajang Internasional di HUT TNI


Presiden Joko Widodo mengaku bangga atas prestasi yang ditorehkan prajurit TNI. Jokowi mengatakan, prajurit tak hanya berhasil menjaga NKRI namun juga mampu memberikan kontribusinya kepada dunia luar.

"Selamat dan sangat berbangga atas keberhasilan saudara-saudara, yang telah berhasil menjadi juara pada lomba menembak ASEAN Armies Rifle Meet (AARM) ke-28 tahun 2018 di Malaysia. Serta kesuksesan pada lomba menembak Australian Army of Skill Arms at Meeting (AASAM), yang dengan senjata buatan Pindad telah berhasil menjadi juara 12 kali berturut-turut," ujar Jokowi dalam sambutannya di upacara peringatan HUT TNI di Halim, Jakarta, Sabtu (5/10).

Jokowi mengungkapkan, dalam setahun terakhir, TNI telah menorehkan sejarah baru. Pada Desember 2018, telah diresmikan pangkalan militer terpadu di Natuna yang akan disusul dengan empat pangkalan serupa di Biak, Morotai, Merauke, dan Saumlaki.

"Pada 30 Juli 2019, telah dibentuk Komando Operasi Khusus (KOOPSUS) yang akan mendukung penanganan terorisme.Latihan gabungan Dharma Yudha juga telah sukses dilaksanakan di awal bulan September 2019, yang melibatkan 12.500 prajurit dari tiga matra dan menjadi ajang unjuk teknologi baru," ujar dia.

Kemudian pada 27 September 2019, telah dibentuk Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (KOGABWILHAN) di Tanjung Pinang, Balikpapan, dan Biak. Kehadiran KOGABWILHAN akan meningkatkan kesiapsiagaan dalam penanganan krisis dan meningkatkan daya gentar kita.

"Semua ini menandai pergeseran budaya militer di TNI kita, yang tadinya terpilah-pilah di masing-masing matra, kemudian menjadi terpadu dalam lingkup Tentara Nasional Indonesia dan semakin didukung oleh profesionalisme prajurit," kata Jokowi. [merdeka.com]
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel