Loading...

Senin, Panglima TNI dan Menko Polhukam Kunjungi Wamena Papua


Panglima TNIMarsekal Hadi Tjahjanto memastikan bakal berangkat ke Wamena, Papua pada Senin (7/10/2019) lusa. Kepergiannya untuk untuk melihat situasi dan kondisi terkini Wamena secara langsung pascakerusahan.

"Besok (lusa) Senin tanggal 7 Oktober 2019 Menko Polhukan, Panglima, Kapolri, Mensos, Menkes, Kementerian BUMN dan PUPR akan langsung ke lapangan, ke Wamena," kata Hadi di Skadron Lanud Halim Perdanakusuma usai mengikuti upacara HUT ke-74 TNI, Senin (5/10/2019).

Panglima menuturkan, peninjauan itu juga merupakan tindak lanjut dari laporan terakhir terkait kondisi pengungsi di sana. Berdasarkan laporan tim di lapangan, masyarakat asli Wamena tidak menginginkan para pendatang pulang ke daerah asal.

Pasalnya, jika hal itu terjadi maka roda perekonomian dan pendidikan terancam terganggu. Selama ini para pendatang merupakan salah satu penggerak perekonomian.

"Banyak penduduk asli tidak mengingikan bahwa pendatang itu pulang. Jadi tetap di Wamena, Oksibil atau pun Ilaga. Kemudian, penduduk setempat juga menginginkan bahwa pendidikan untuk SD, SMP, SMA terus berjalan walaupun sekarang agak terganggu," kata Hadi.

Terkait dengan pelayanan di posko-posko, dia menjelaskan hingga saat ini tidak ada masalah. Hadi berharap masyarakat dapat kembali menjalani kehidupan keseharian dan kondisi stabil di Wamena.

"Sampai saat ini semua pelayanan, pelayanan kesehatan, pelayanan dapur umum, semua tidak bermasalah. Untuk logistik tidak masalah," ucapnya.

Kerusuhan pecah di Wamena 23 September lalu. Puluhan warga pendatang dibunuh secara keji oleh warga pegunungan yang diidentifikasi bagian dari Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata. Tokoh Organisasi Papua Merdeka Benny Wenda juga ditengarai berada di balik kerusuhan ini.

Hingga Sabtu siang ini, puluhan warga terus eksodus dari Wamena. Sedikitnya 40 orang tiba di Mimika menggunakan pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara. [inews.id]
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel