Loading...

SBY: Selamat Bekerja Pak Jokowi, Rakyat Berharap Masa Depan Cerah

Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY mengucapkan selamat bekerja bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi). SBY menyebut rakyat memiliki harapan terhadap pemerintahan Jokowi.

"Demokrat mengucapkan selamat bertugas kepada Bapak Jokowi dan segenap jajaran pemerintah. Rakyat sangat berharap masa depan mereka semakin cerah," kata SBY dalam pidato penutupnya di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (11/12/2019).

SBY sebelumnya berpidato refleksi akhir 2019. SBY banyak menyinggung soal ekonomi.

Salah satu yang disoroti SBY adalah soal pekerjaan. SBY mengatakan banyak peralihan pekerjaan dari sektor formal ke sektor informal. Keadaan seperti ini, menurut dia, kerap diikuti menurunnya penghasilan dan tentunya daya beli mereka.

"Itulah sebabnya Demokrat mengingatkan pemerintah agar berhati-hati dalam meningkatkan biaya yang ditanggung oleh rakyat, seperti BPJS, tarif dasar listrik, dan lain-lain. Perhatikan 'timing' kapan dinaikkan dan seberapa besar angka kenaikan yang tepat," kata SBY.

Secara moral dan sosial, kata SBY, tidaklah bijak membebani rakyat secara berlebihan ketika ekonomi sedang susah. SBY juga menyoroti soal pengangguran.

"Satu hal yang juga patut menjadi perhatian kita adalah siapa yang menganggur dewasa ini. Data menunjukkan bahwa prosentase dan angka lulusan SMK, SMA, dan Perguruan Tinggi yang menganggur relatif tinggi," jelas SBY.

Keadaan seperti ini, kata SBY, tentu rawan secara sosial, politik, dan keamanan. SBY lalu mengungkit fenomena Arab Spring.

"Kita belajar dari pengalaman Arab Spring di tahun 2011 dulu. Juga terjadinya gerakan protes sosial di 30 negara tahun ini. Penyebab utamanya antara lain adalah kesulitan ekonomi dan banyaknya pengangguran," kata SBY. [detik.com]

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Loading...

Iklan Bawah Artikel