Loading...

Jadi Pelabuhan Kelas Dunia, Benoa Bisa Disandari Kapal Pesiar Mewah


Pemerintah berniat untuk menjadikan Bali sebagai salah satu destinasi wisata yang lebih tersohor lagi di kancah Internasional. Salah satu carannya adalah dengan menjadikan Pelabuhan Benoa sebagai Maritime Tourism Hub dengan fasilitasi terintegrasi.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, pemerintah ingin agar kapal-kapal pesiar bisa mampir di Bali. Oleh karena itu saat ini sedang dilakukan pelebaran pada Pelabuhan Tanjung Benoa agar bisa dimasuki oleh kapal pesiar dengan kapasitas yang besar.

Melalui pembangunan ini, nantinya di area Benoa akan dilengkapi berbagai fasilitas kelas dunia. Di antaranya adalah terminal cruise, teater, restoran, area perikanan, area bersepeda, museum mangrove, ecotourism, marine exhibition, retail UMKM dan pasar seni, monumen ikonik, area perkantoran, tempat ibadah dan yacht club.

“Tujuannya adalah menjadikan pelabuhan benoa menjadi kawasan pariwisata bertaraf internasional, menjadi one stop tourism area khususnya bagi turis cruise internasional yang singgah di pelabuhan benoa," ujarnya mengutip dari keterangan tertulis, Minggu (16/2/2020).

Menurut Erick, dengan banyaknya kapal pesiar berukuran besar yang mampir ke Tanjung Benoa bisa menghadirkan lebih banyak turis mancanegara ke Bali. Apalagi, Bali menyimpan banyak keindahan alam dan menjunjung tinggi kebudayaan lokal.

Tidak hanya itu, pembangunan pariwisata ini juga diharapkan dapat membawa dampak untuk masyarakat dan membanggakan Indonesia.

"Meningkatkan citra pariwisata Bali untuk menarik kapal pesiar yang besar, dan terpenting menciptakan nilai tambah untuk masyarakat lokal,” ucapnya.

Sebagai informasi, beberapa hari lalu telah dilakukan rapat koordinasi tingkat Menteri di Bali. Dalam rapat tersebut dihadiri oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, kemudian Menteri Agraria dan Tata Ruang atau Kepala BPN Sofyan Djalil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia. [okezone.com]
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel