Loading...

Jokowi: Tol Pekanbaru-Dumai Beroperasi Akhir April 2020


Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau ruas Tol Pekanbaru-Dumai seksi 1 pada Jumat, 21 Februari 2020 ini. Secara keseluruhan, pembangunan tol Pekanbaru-Dumai diharapkan selesai akhir April 2020.

"Insya Allah, akhir April selesai sehingga Lebaran bisa lewat sini. Kalau dulu 4-5 jam sekarang jadi 1,5-2 jam," ujar Jokowi.

Turut mendampingi dalam peninjauan Jokowi antara lain, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Presiden Moeldoko dan jajaran pemerintahan lainnya.

Dari total panjang ruas tol Trans Sumatera yang sebesar 2.900 km, ada 460 km ruas yang sudah beroperasi. "Lalu, yang dalam proses ini 490 km, dan yang mau dilelang ini ada 740 km. Kami harap 2024 bisa selesai," papar dia.

Mengutip data Hutama Karya (HK), ruas tol ini memiliki panjang 131 km dengan nilai investasi Rp 16,2 triliun serta mulai dibangun 2017 lalu. Uniknya, tol yang memiliki 6 seksi ini bisa dilalui oleh gajah yang hidup di hutan sekitar tol.

Terowongan khusus gajah tersebut terletak di seksi 4 dan 5 serta bisa dilintasi hingga 100 ekor gajah.

Nantinya setelah diresmikan, jalan tol Pekanbaru-Dumai diharapkan bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah Pekanbaru, Dumai dan pulau Sumatera secara keseluruhan.

Unik, Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Dilengkapi Perlintasan Gajah

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan, ruas jalan Tol Pekanbaru-Dumai ditargetkan dapat beroperasi sebelum Lebaran 2020, tepatnya pada bulan April.

Tak cuma diklaim bakal mendongkrak ekonomi daerah sekitar, keberadaan tol ini juga diklaim mendukung ekosistem lingkungan hidup berkelanjutan. Salah satunya dengan adanya lintasan bagi gajah.

Menteri Basuki turut melakukan peninjauan di underpass perlintasan gajah ini. Progresnya belum sampai setengahnya, tapi pembangunan underpass ini terus dikebut.

"Nanti gajahnya lewat sini, di sekitar sini kan margasatwa habitat gajah. Nanti kami akan tanam tanaman yang menarik perhatian gajah supaya mereka makan dan lewat sini," ujar salah satu karyawan Hutama Karya (pengembang jalan tol Trans Sumatera) kepada Menteri Basuki, sebagaimana ditulis Jumat (21/20/2020).

6 Perlintasan

Adapun, underpass perlintasan gajah di ruas ini terbagi menjadi enam perlintasan.

Pertama berada di Sungai Tekuana lokasinya di seksi 2 dan tidak jauh dari Pusat Latihan Gajah Minas di Kabupaten Siak dimana di kawasan itu terdapat sedikitnya 13 gajah Sumatera liar.

Sedangkan lima perlintasan lainnya berada di Seksi 4, dekat dengan Suaka Margasatwa Balai Raja. Diperkirakan underpass Tol Trans Sumatera dapat dilintasi hingga seratus ekor gajah. [liputan6.com]
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel