Loading...

Presiden Jokowi Lantik Laksdya Aan Kurnia Jadi Kabakamla Hari Ini

Laksdya Aan Kurnia ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kepala Badan Keamanan Laut (Kabakamla) baru. Aan akan dilantik hari ini oleh Jokowi.

Pelantikan dilangsungkan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (12/2/2020). Posisi ini sebelumnya dijabat Laksdya A Taufiqoerrochman yang tahun ini memasuki masa pensiun.

"Iya betul. Diharapkan Bakamla menjadi motor dalam penegakan hukum di laut layaknya seperti cost guard di negara lain," ujar Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono lewat pesan singkat, Rabu (12/2/2020).

"Harapan lain adalah bisa mengawal nelayan kita dalam mencari ikan di laut sehingga tidak khawatir di intimidasi oleh kapal-kapal asing, dan lain-lain," kata Heru menambahkan.

Profil Aan Kurnia 

Seperti dikutip dari laman tnial.mil.id, Laksdya Aan merupakan seorang Perwira Tinggi (Pati) alumnus Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-32 tahun 1987. Berbagai penugasan telah diembannya selama di TNI Angkatan Laut, baik di kapal perang maupun di staf.

Beberapa di antaranya yakni menjadi Komandan KRI Fatahilah-361 (2004), Padiklat Satgas Yekda LPD di Korea Selatan (2005-2007), Komandan Satuan Amfibi (Satfib) Koarmatim (2008), Komandan Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Koarmatim (2008-2010). Komandan Komando Latihan (Dankolat) Armatim (2010-2012), dilanjutkan menjadi Asisten Operasi (Asops) Pangkoarmatim, Paban III Sopsal di Mabesal (2012).

Pangkat bintang satu diraihnya saat menjadi Komandan Lantamal IX Ambon (2012). Setahun kemudian, dia menjadi Kepala Dinas Hidro Oseanografi (Kadishidros), dan dilanjutkan menjadi Komandan Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmatim (2013), serta Kepala Staf Koarmatim (2014).

Kemudian pada tahun 2015 menjabat sebagai Panglima Komando Lintas laut Militer (Kolinlamil). Kini, Laksda Aan akan memimpin Bakamla untuk terus menjaga keamanan laut NKRI. [detik.com]

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel