Loading...

Tunda ke RI, Putin Undang Jokowi ke St. Petersburg Forum


Presiden RusiaVladimir Putin lagi-lagi dikabarkan akan menunda kunjungan ke Jakarta untuk bertemu Presiden Jokowi yang direncanakan tahun ini.

Duta Besar Rusia di Jakarta, Lyudmila Georgievna Vorobieva, menuturkan penundaan lawatan ini disebabkan situasi politik dalam negeri negaranya yang tengah menghadapi reformasi konstitusi besar-besaran.

"Terkait kunjungan Presiden Putin sayangnya sampai saat ini saya belum bisa konfirmasi karena kalian tahu saat ini tengah ada perkembangan politik di dalam negeri Rusia. Presiden Putin saat pidato di depan parlemen mengusulkan reformasi konsitusional besar-besaran," kata Vorobieva dalam jumpa pers di kantornya, Rabu (12/2).

"Jadi tentunya saat ini perhatian Presiden Putin terfokus pada isu domestik sehingga sepertinya kunjungan jarah jauh masih menjadi pertanyaan," ucapnya menambahkan.

Meski begitu, Vorbieva menuturkan Putin masih tetap ingin bertemu Jokowi dan telah mengundang Presiden RI ke-7 itu untuk berkunjung ke Rusia.


Ia mengatakan Putin juga berharap Jokowi bisa hadir dalam St. Petersburg International Economic Forum 2020 yang akan diselenggarakan pada Juni mendatang untuk menjadi tamu utama gelaran tersebut.

Vorobieva memaparkan St. Petersburg forum akan mempertemukan ratusan petinggi bisnis dan komunitas terkait dari seluruh dunia. Beberapa petinggi negara, paparnya, juga akan hadir dalam forum tersebut.

"Sebenarnya kami sudah meminta Presiden Joko Widodo untuk menjadi tamu utama (St. Petersburg International Economic) Forum nanti. Tahun lalu, Presiden China Xi Jinping yang menjadi tamu utama dalam forum tersebut," kata Vorobieva.

Vorobieva menuturkan Jokowi akan menyampaikan pidato utama setelah Putin jika Jokowi bisa hadir dalam acara itu.

"Tapi belum ada konfirmasi sampai saat ini, masih tunggu kecocokan jadwal Presiden Jokowi," ucap Vorobieva. [cnnindonesia.com]
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel