Loading...

2 Hal Positif dari Kasus Corona di Indonesia bagi Menkes Terawan

Untuk pertama kalinya, ada warga negara Indonesia (WNI) yang positif terjangkit virus Corona di Indonesia. Tentu ini menyedihkan. Namun Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menilai ada hal positif yang bisa dipetik dari peristiwa ini.

"Paling nggak ini saya punya dua hal yang positif. Saya nggak mau menganggap semua negatif," kata Terawan di hadapan para wartawan di Kantor Kementerian Kesehatan, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (2/3/2020).

Hal positif pertama adalah ditemukannya virus Corona itu sendiri di Indonesia. Ini seolah-olah jadi bukti bahwa peneliti Indonesia memang benar-benar punya kemampuan menangani virus Corona, tidak kalah dibanding peneliti lainnya. Kemampuan peneliti Indonesia tidak perlu diragukan. Dia memberi selamat kepada Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes, Siswanto.

"Pak Sis ini merasa, 'Loh aku ini kok dianggap nggak bisa memeriksa terus.' Sekarang bisa. Selamat, Bapak, ya ta (ya kan), karena hasilnya sudah positif," ujar Terawan, yang mulai dikenal bergaya bicara santai.

Hal positif kedua dari penemuan kasus Corona ini adalah Indonesia menjadi punya bahan penelitian. Dengan demikian, Indonesia kini punya peluang menemukan vaksin virus Corona (COVID-19), hal yang belum kunjung ditemukan di dunia sampai saat ini.

"Berarti punya bahan untuk riset selanjutnya. Karena dengan adanya virus ini, virus ini bisa kita periksa, apakah nanti arahnya untuk jadi vaksin atau untuk jadi apa pun akan kita terus riset. Karena kebetulan bahan itu ada di Balitbangkes (Penelitian dan Pengembangan Kesehatan) hasil swab-nya (terhadap pasien virus Corona) itu," kata Terawan. [detik.com]

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel