Loading...

Dinkes DKI: Pemantauan 115 Orang Terkait Corona Dilakukan Langsung-Via Telepon

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut terdapat 115 orang di DKI yang tengah dalam pemantauan terkait virus Corona. Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI menyebut pemantauan dilakukan setiap hari.

"Untuk pemantauannya ada yang dilakukan, kan itu bentuk pemantauannya setiap hari ya," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes DKI Dwi Oktavia, saat dihubungi Minggu (1/3/2020).

Dwi menyebut pemantauan dilakukan dengan berbagai cara, tergangung kondisi orang tersebut. Menurutnya, pemantauan bisa dilakukan via telepon maupun pengecekan langsung.

"Baik melalui telepon, pengecekan langsung. Itu tergantung kondisi masing-masing," kata Dwi.

Dwi menjelaskan, pihaknya mengikuti kriteria yang ditetapkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam memilih orang yang masuk dalam pemantauan. Salah satunya, yaitu apabila orang tersebut memiliki riwayat perjalanan dari wilayah terjangkit, hingga adanya keluhan demam dan batuk.

"Jadi kita mengikuti kriteria yang ditetapkan Kementerian Kesehatan, sehingga orang yang punya riwayat perjalanan dari wilayah terjangkit kemudian dalam 14 hari setelah masuk ke Indonesia, ke Jakarta," kata Dwi.

"Dalam hal ini mereka punya gejala atau keluhan demam, batuk, tetapi sifatnya ringan, itu mereka masuk dalam kelompok orang yang dipantau. Selama sekitar 14 hari atau sampai terjadi perbaikan," sambungnya.

Dihubungi terpisah, Dirjen P2P Kemenkes RI Anung Sugihantono mengatakan terdapat beberapa hal yang diperiksa dalam pemantauan terkait virus Corona. Diantaranya adalah suhu tubuh, gejala atau tanda batuk, hingga sesak napas.

"Monitor suhu tubuh, gejala tanda batuk, pilek, keluarkan dahak serta sesak napas," tuturnya.

Diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya mengatakan, dalam kurun satu bulan, ada 115 orang dalam pemantauan terkait virus Corona. Selain itu, Dinas Kesehatan DKI Jakarta tengah mengawasi 32 orang terkait virus mematikan ini.

"Sekarang saya bicara Corona. Ada beberapa hal, sampai saat ini, selama satu bulan lebih di DKI ada 115 orang yang dalam pemantauan dan ada 32 orang pasien dalam pengawasan. Ini semua mengikuti kriteria yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan," ujar Anies di sela acara HUT Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Keselamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta ke-101, Jakarta Pusat, Minggu (1/3). [detik.com]

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel