Loading...

Imbau Jangan Panik Korona, Menkes Terawan: Khawatir Berlebihan Dapat Turunkan Imunitas Tubuh

Kekhawatiran berlebih mulai dirasakan masyarakat setelah dua orang asal Depok, Jawa Barat, dinyatakan positif COVID-19. Di media sosial pun kata 'Depok' jadi trending topik. Ini menandakan banyak orang mulai takut dengan kabar tersebut.

Ketakutan terhadap COVID-19 dianggap berlebihan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) RI Terawan Agus Putranto. Ada alasan medis kenapa paranoid itu tidak boleh terjadi di tengah masyarakat kita saat ini.

Menurut Menkes Terawan, ketika masyarakat merasa parno atau ketakutan, itu malah akan menurunkan imunitas tubuh. Kalau imun sudah turun, risiko terpapar virus berbahaya bisa saja terjadi.

"Kekhawatiran berlebihan dapat menyebabkan imunitas tubuh kita menurun atau istilahnya itu Psikobeuroimuno," terangnya pada awak media di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Menkes Terawan pun menyarankan agar masyarakat tidak memperlakukan zona noninfeksi sebagai area infeksi. Maksudnya adalah, ketika Anda berada jauh dari pasien COVID-19, jangan bersikap berlebihan dengan menggunakan masker misalnya.

Ini pun ia tunjukan dengan tak mengenakan masker saat memberikan pernyataan di depan awak media. Menkes Terawan mengatakan, dia sangat tahu betul bahwa area tempatnya berdiri bukan area infeksi, sehingga tidak perlu ada kepanikan berlebih.

"Kami ini tahu betul, ini area non infeksi, jadi nggak usah berperilaku seperti di area infeksi. Kalau nggak ketemu langsung, takutnya di mana? Di sini rasionalitasnya," tegasnya.

Menkes Terawan menegaskan sekali lagi bahwa masyarakat tidak perlu paranoid atau ketakutan berlebih terhadap kasus ini. Ingat, takut berlebih malah bikin imunitas tubuh menurun. [okezone.com]

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel