Loading...

Kemenkes: Belum Ada Obat Corona, Virus Hilang Bila Daya Tahan Tubuh Baik

Kementerian Kesehatan menegaskan hingga saat ini belum ada obat maupun vaksin untuk virus Corona. Langkah isolasi pasien yang selama ini dilakukan pun bukan untuk menyembuhkan.

Juru bicara terkait Corona, Achmad Yurianto mengatakan, World Health Organization (WHO) hingga kini belum menemukan obat atau vaksin yang spesifik untuk mengobati pasien Corona. Virus akan hilang dengan sendirinya bila daya tahan tubuh baik.

"Sampai saat ini secara resmi WHO dan dunia belum menemukan obat yang spesifik untuk virus ini. Dan belum menemukan vaksin yang spesifik untuk virus ini. Yang namanya virus, kalau daya tahan tubuh baik maka virus ini akan turun," ujar Achmad di kantor Staf Presiden, Jakarta, Kamis (5/3/2020).

Dia menjelaskan, isolasi yang dilakukan terhadap pasien Corona pun bukan untuk mengobati. Isolasi dilakukan untuk mencegah ada penularan baru dari virus ini.

"Pemeriksaan virus bukan untuk mengobati. Tapi mengantisipasi dampak kesehatan kedaruratan masyarakat agar tak menjadi center baru penularan.
Isolasi mencegah jangan sampai jadi sumber penularan baru di masyarakat," tambah Achmad yang juga Sesditjen P2P Kemenkes.

Sehingga menurutnya, virus akan hilang bila daya tahan tubuh baik dan meningkat. Dia juga mengatakan, meningkatkan daya tubuh bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya mengkonsumsi rempah-rempah.

"Anjuran saran apapun yang terkait dengan herbal, yang lain-lain dalam konteks untuk meningkatkan daya tahan tubuh, bagus. Tetapi bukan untuk membunuh virusnya. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh di mana virusnya hilang dengan sendirinya. Di China pun ada beberapa yang kemudian memberikan herbal seperti itu. Sama, tidak ada masalah dengan itu," tuturnya. [detik.com]

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel