Loading...

KKSB Terus Berulah di Tembagapura, Mahfud Md Rapat Bareng TNI-Polri Besok

Kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) beberapa waktu terakhir menyerang anggota TNI-Polri. Menko Polhukam Mahfud Md segera menggelar rapat.

"Secara lebih detail penanganannya besok ada rapat di sini (Kemenko Polhukam). Besok saya undang Polri, Kejaksaan, TNI, dan semua lembaga terkait lah rapat di sini tentang itu," kata Mahfud di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Senin (9/3/2020).

Mahfud belum mau bicara lebih jauh terkait pengamanan ribuan warga sipil yang mengungsi akibat serangan KKSB. Dia hanya mengatakan secara prosedural, pengamanan telah dilakukan oleh aparat setempat.

"Secara prosedural ada SOP-nya. Aparat keamanan sudah bekerja, pemerintah setempat sudah bekerja," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw menjelaskan situasi di Timika masih diwarnai baku tembak antara aparat TNI-Polri dan KKSB.

"Sampai saat ini masih ada tembakan-tembakan, pos pengaman ada beberapa yang diserang," kata Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw, saat menemui warga di tempat evakuasi, Senin (9/3) dini hari.

Paulus mengatakan, pihaknya telah menurunkan tim untuk melakukan pengejaran. Tidak hanya itu, pengamanan di wilayah Tembagapura dan area Freeport juga diperketat.

Lebih dari 800 warga di Tembagapura pun sudah dievakuasi ke Timika. Warga meminta TNI-Polri mengevakuasi diri mereka karena takut menjadi korban kekerasan KKSB. Diketahui, KKSB tak hanya melakukan kekerasan kepada aparat. Mereka juga menjadikan warga sipil sebagai korban. [detik.com]

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel