Loading...

Langkah Presiden Jokowi Rangkul Kekuatan di Luar Pemerintahan Dinilai Sangat Tepat


Pengamat politik Wempy Hadir menilai upaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) merangkul seluruh kekuatan politik untuk memajukan bangsa sangat tepat. Sebab membangun bangsa tidak bisa hanya melibatkan satu kelompok.

“Membangun bangsa ini kan tidak bisa satu golongan atau kelompok. Kalau bisa semua bersepakat untuk majukan bangsa. Langkah Presiden merangkul Partai Demokrat sangat tepat,” kata Wempy kepada Beritasatu.com, Jumat (6/3/2020).

Mengenai Rancangan Undang-Undang (RUU) Cipta Kerja (Ciptaker), menurut Wempy, pemerintah tentu membutuhkan dukungan Demokrat dan partai lain di luar koalisi pendukung Jokowi.
“Bagaimanapun RUU Ciptaker tidak hanya dibahas atau didukung koalisi saja. Artinya sebisa mungkin semua kekuatan politik mendorong dan mendukung,” ujar Wempy.

Wempy pun menyebut, “Demokrat dalam hal ini Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) sebagai ketua umum (ketum) penting untuk didekati. Meski tidak tertutup ruang bagi Demokrat untuk mengkritisi RUU Ciptaker.”

Sebelumnya, SBY menitipkan salam untuk Presiden Jokowi. SBY pun menegaskan sikap Demokrat terhadap pemerintahan. Hal itu disampaikan SBY ketika menerima Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Kamis (5/3/2020).

Airlangga mengaku diutus oleh Presiden untuk bertemu SBY. Airlangga yang juga menteri koordinator perekonomian menginginkan masukan Demokrat terhadap restrukturisasi perekonomian nasional. Airlangga pun mengajak Demokrat bekerja sama dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.

“Kita senang mendengar ajakan ini dan menyambutnya. Sampaikan salam saya kepada Presiden Jokowi. Sebab Demokrat ingin menjadi part of solution dan part of progress. Sikap politik Demokrat tidak berubah sejak awal. (Hal) yang sudah baik kita dukung, yang belum baik kita perbaiki bersama,” kata SBY sebagaimana diungkap Sekjen Demokrat Hinca IP Pandjaitan, Jumat (6/3/2020).

SBY pun menyebut, “Negara ini negara kita bersama. Kita bangun bersama, meskipun kami tidak berada dalam pemerintahan. Untuk Pilkada, mari kita bicarakan bersama. Silakan dari Partai Golkar ketemu dengan Demokrat dan bicara.” [beritasatu.com]
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel