Loading...

Menkes Terawan: Pasien Virus Corona Perawatannya Seperti Orang Kena Flu

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan dua pasien warga Depok yang positif virus corona sedang menjalani perawatan. Terawan menyebut, metode perawatannya sama seperti orang kena flu.

"Perawatan seperti orang kena flu, vitamin diberikan, makanan disehatkan, bukan antibiotik karena ini kan bukan karena bakteri, ini kan kena virus. Imunitasnya dinaikkan sudah pasti sembuh sendiri. Namanya self limited disease," kata Terawan, saat konferensi pers, di RSPI Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Senin (3/2/2020).

Terawan akan terus memantau dua warga Depok yang positif corona itu. Pasien akan dicek ulang setelah menjalani perawatan selama lima hari.

"Sebenarnya kalau mau dipulangkan ya bisa tapi kan saya cek lagi, kita swipe ulang. Biasanya setelah lima hari kita swipe ulang. Biasanya negatif kalau sudah dalam perawatan itu cepat sekali," lanjutnya.

Lebih lanjut, Terawan menyebut sistem perawatan di RSPI Sulianti Saroso sudah sangat baik. Dia mengatakan, perawatan di RSPI sesuai dengan standar ketentuan World Health Organization (WHO).

"Ya di sini sudah terakreditasi WHO, di sini sudah sangat lengkap ruang isolasinya sudah sangat baik, posisinya sudah sangat sesuai dengan standar dan kita lakukan semuanya dengan cara-cara SOP yang sudah disepakati," ucapnya.

"Kita ini dikenal dengan negara yang sudah melakukan memakai JEE tool Joint External Evaluation dari WHO tool, tool-nya dari sana. Kita sebenarnya dari 2017 sudah dinilai salah satu negara yang sudah dinilai kesiapannya menghadapi wabah dengan JEE tool itu di sini," lanjut Terawan. [detik.com]

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel