Loading...

Menteri Basuki: Saya Harap Tol Manado-Bitung Beroperasi April 2020


Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menargetkan Tol Manado-Bitung (Mabit) sepanjang 26 kilometer (Km) dari keseluruhan 39,9 km dapat beroperasi pada April 2020. Dengan tol ini diharapkan bisa mengurangi biaya logistik yang berasal dari Pelabuhan Internasional Bitung.

“Saya harap April 2020 ini Tol Mabit sudah bisa beroperasi sepanjang 26 km dari Manado hingga Danowudu,” ucap Basuki, dalam keterangannya, Selasa (3/3/2020).

Selain itu, jalan tanpa hambatan ini juga akan mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung. Tol ini nantinya tidak hanya terkoneksi untuk pelabuhan dan KEK Bitung dan Tanjung Pulisan - Likupang saja, akan tetapi juga sebagai pendukung kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) Manado – Bitung – Likupang, termasuk akses ke Pulau Lembeh.

Basuki melanjutkan, saat ini secara keseluruhan pembebasan lahan Tol Mabit telah mencapai 98,56% dan pembangunan fisik mencapai 81%. Total kebutuhan anggaran pembangunan Tol Mabit sebesar Rp6,17 triliun di mana pendanaan pemerintah untuk konstruksi Seksi 1 sebesar Rp3 triliun dan investasi BUJT untuk Seksi 2 sebesar Rp3,17 triliun.

"Secara keseluruhan pembebasan lahan telah mencapai 98,56% dan pembangunan fisik mencapai 81%. Total kebutuhan anggaran Tol Mabit sebesar Rp6,17 triliun," ujar Menteri Basuki.

Untuk pembangunan Seksi 1A (7 km) dan Seksi 1B (7 km) sudah rampung 100%. Sedangkan Seksi 2 Airmadidi - Bitung sepanjang 25 km dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasa Marga Manado Bitung yang terbagi Seksi 2A Airmadidi – Danowudu (11,5 km) progresnya 98,17% dan Seksi 2B Danowudo – Bitung (13,5 km) progresnya 45,28%.

Sementara itu, jalan tol ini juga memiliki lima Simpang Susun (SS) yaitu, SS Manado SS Air Madidi, SS Kauditan, SS Danowudu dan SS Bitung. [okezone.com]

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel