Loading...

Presiden Jokowi: Fokus Bekerja dan Jaga Optimisme


Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku optimis permasalahan global yang menghambat perekonomian Indonesia bisa diatasi. Meskipun kini, tantangan semakin berat karena adanya virus korona (Covid-19).

Menurut Jokowi, permasalahan bisa terselesaikan asalkan seluruh pihak bisa tetap fokus dalam bekerja. Di sisi lain, pekerjaan ini juga harus dijalankan dengan rasa optimisme yang tinggi sambil mencari jalan keluar.

Selain itu, lanjut Jokowi, seluruh pihak harus pandai-pandai dalam mencari peluang. Karena menurutnya, peluang sekecil apapun akan sangat berharga di tengah kondisi ketidakpastian global ini.

"Kita harapkan ini bisa. Meskipun ada tekanan yang sangat berat seperti ini, kita harus bisa menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada. Tetap fokus bekerja, menjaga optimisme, memanfaatkan peluang dan mencari jalan keluar dari setiap titik-titik yang menjadikan kesulitan-kesulitan kita," ujarnya saat membuka acara Rakornas Kementerian Perdagangan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Menurut Jokowi, permasalahan ekonomi pada tahun ini sangatlah berat. Sebab belum rampungnya permasalahan perang dagang, kini ekonomi global sudah dihadapkan kembali pada masalah baru yakni virus korona.

"Perang dagang belum selesai, sekarang muncul virus Korona (Covid-19) yang itu menambah sulitnya ekonomi dunia, sulitnya politik global yang menjadikan tidak menentu," ucapnya.

Wabah virus Korona ini lanjut Jokowi berdampak pada penurunan aktivitas ekonomi Indonesia. Karena, seluruh sektor dari mulai perdagangan, pariwisata hingga investasi bisa terkena dampaknya.

"Dampaknya akan kita rasakan baik itu dari sisi penurunan aktivitas ekonomi, melambatnya kinerja di berbagai sektor baik perdagangan investasi," jelasnya. [okezone.com]
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel