Loading...

Waduh! Jokowi Sering Marah ke Menteri karena Ini

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sering marah kepada menteri dan direktur jenderal (dirjen) lantaran ada yang mempersulit prosedur. Dipersulitnya prosedur dinilainya mengganggu suplai dan permintaan.

"Jangan sampai dalam situasi demand yang terdistrupsi, situasi suplai yang terdistrupsi, produksi yang terdistrupsi, kita malah nggak merespon itu, masih menganggap biasa-biasa saja. Yang sering saya marah pada menteri maupun dirjen gara-gara hal seperti ini," kata Jokowi saat membuka rapat kerja Kementerian Perdagangan (Kemendag) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (4/3/2020).

"Tidak hanya di kementerian perdagangan karena ini urusannya juga bukan hanya kementerian perdagangan. Urusan dokumen saja sulit," lanjutnya.

Jokowi mencontohkan masalah komoditas anggur yang menurutnya dipersulit dalam pengurusan dokumen. Belum lagi untuk komunitas lainnya.

"Misalnya industri holtikultura, urusan anggur urus dokumen saja aja sangat sulit sekali. Juga komoditas-komoditas yang lain, perlu rekomendasi dari sini, rekomendasi dari sini. Ini sudah harus hilang. Dalam situasi kayak gini," kata Jokowi.

Dalam raker Kemendag tahun ini, Jokowi berpesan untuk melakukan 'relaksasi' prosedur. Bagaimana caranya, prosedur harus dipermudah di tengah kondisi ekonomi saat ini menyusul wabah virus Corona COVID-19.

"Jadi rapat kerja pada hari ini itu fokusnya di situ saja. Bagaimana relaksasi, bagaimana melonggarkan, bagaimana mempercepat prosedur-prosedur yang sebelumnya sangat lama dan berbelit-belit," jelasnya. [detik.com]

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel