Jokowi Lantik Gubernur-Wakil Gubernur Sumbar, Kepri dan Bengkulu

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik 3 Gubernur dan Wakil Gubernur masa jabatan 2021-2024. Pelantikan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat dan ditayangkan lewat akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (25/2/2021). Pelantikan dihadiri undangan terbatas.

Mereka yang dilantik yaitu Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah dan Audy Joinaldy, Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad dan Marlin Agustina, serta Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah dan Rosjhonsyah.

Rangkaian pelantikan diawali dengan prosesi pengambilan petikan surat keputusan presiden. Acara dilanjutkan kirab, Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersama 3 pasangan gubernur-wakil gubernur yang akan dilantik berjalan bersama-sama dari Istana Merdeka ke Istana Negara.

Acara pelantikan kemudian dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu, dibacakan surat keputusan presiden terkait pengesahan dan pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, Kepri serta Bengkulu.

Jokowi kemudian memimpin pembacaan sumpah jabatan ketiga pasangan gubernur dan wakil gubernur.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban sebagai gubernur/sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," kata Jokowi yang diikuti oleh pejabat yang dilantik.

Presiden Jokowi bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin selanjutnya menyampaikan ucapan selamat kepada para pejabat yang dilantik. [detik.com]

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel